Selasa, 05 Agustus 2014

MAKALAH THEODOLIT


MAKALAH
THEODOLIT

NAMA  :  DEDEN RUSDIAN MAULANA
NPM  :  12-22-201-027
MATKUL  :  ILMU UKUR TANAH II
PRODI  :  TEKNIK SIPIL
SMT  :  IV

TANGERANG
2014
KATA PENGANTAR


Bissmillahirrohmanirrohiim…
         Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.
         Maksud dari penyusunan makalah ini adalah sebagai salah satu komponen penilaian dan dapat dijadikan sebagai salah satu pegangan dalam proses belajar mengajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II, serta dengan harapan untuk memotivasi penulis sehingga mampu memahami segala pembahasan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran tersebut.
         Makalah ini, penulis sajikan untuk mengingatkan kembali akan pentingnya mempelajari proses pembelajaran, karena konsep-konsep pembelajaran ini akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan cara belajar atau aspek-aspek pembelajaran.
          Terima kasih kepada dosen mata kuliah Ilmu Ukur Tanah II atas segala bimbingannya, sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan makalah ini.
           Akhir kata, penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi kami semua dalam mencapai tujuan pembelajaran.
                                                        

                                                                            Tangerang, 22 Mei 2014

                                                                                          
  Penyusun


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR................................................................................................... 2
DAFTAR ISI.................................................................................................................. 3
BAB I
PENDAHULUAN......................................................................................................... 4
A.  Latar Belakang................................................................................................ 4
B.  Tujuan.............................................................................................................. 4
C.  Manfaat .......................................................................................................... 4
BAB II
PEMBAHASAN ........................................................................................................... 5
BAB III
PENUTUP ..................................................................................................................... 11
A.  Kesimpulan...................................................................................................... 11
B.  Saran................................................................................................................ 11
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 12





BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Ilmu ukur tanah merupakan ilmu terapan yang mempelajari dan menganalisis bentuk topografi permukaan bumi beserta obyek-obyek di atasnya untuk keperluan pekerjaan-pekerjaan konstruksi. Ilmu Ukur Tanah menjadi dasar bagi beberapa mata kuliah lainnya seperti rekayasa jalan raya, irigasi, drainase dan sebagainya. Dalam kegiatan hibah pengajaran ini. Misalnya semua pekerjaan teknik sipil tidak lepas dari kegiatan pengukuran pekerjaan konstruksi seperti pembuatan jalan raya, saluran drainase, jembatan, pelabuhan, jalur rel kereta api dan sebagainya memerlukan data hasil pengukuran agar konstruksi yang dibagun dapat dipertanggungjawabkan dan terhindar dari kesalahan konstruksi.
Untuk memperoleh hasil pengukuran yang baik dan berkualitas baik ditinjau dari segi biayanya yang murah dan tepat waktu juga dari segi kesesuaian dengan spesifikasi teknis yang dibutuhkan diperlukan metode pengukuran yang tepat serta peralatan ukur yang tepat pula. Pengukuran-pengukuran menggunakan waterpas, theodolit. Total station dan sebagainya dapat mengasilkan data dan ukuran yang dapat dipertanggungjawabkan.

B.     TUJUAN

1.      Untuk dapat mengetahui bagaimana cara mengoprasikan Theodolit.                                                                                                                           
2.      Untuk dapat mengetahui peralatan dan prosedur dalam pengukuran menggunakan Theodolit
3.      Untuk dapat mengetahui cara menghitung jarak, dan sudut.

C.    MANFAAT

1.      Dapat menginformasikan cara mengoprasikan Theodolit.
2.      Dapat menginformasikan peralatan dan prosedur dalam pengukuran menggunakan Theodolit
3.      Dapat menginformasikan cara menghitung jarak, dan sudut.

BAB II
 PEMBAHASAN

Theodolit adalah salah satu alat ukur tanah yang digunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Berbeda dengan waterpass yang hanya memiliki sudut mendatar saja. Di dalam theodolit sudut yang dapat di baca bisa sampai pada satuan sekon (detik). Theodolite merupakan alat yang paling canggih di antara peralatan yang digunakan dalam survei. Pada dasarnya alat ini berupa sebuah teleskop yang ditempatkan pada suatu dasar berbentuk membulat (piringan) yang dapat diputar-putar mengelilingi sumbu vertikal, sehingga memungkinkan sudut horisontal untuk dibaca. Teleskop tersebut juga dipasang pada piringan kedua dan dapat diputarputar mengelilingi sumbu horisontal, sehingga memungkinkan sudut vertikal untuk dibaca. Kedua sudut tersebut dapat dibaca dengan tingkat ketelitian sangat tinggi (Farrington 1997).
Survei dengan menggunakan theodolite dilakukan bila situs yang akan dipetakan luas dan atau cukup sulit untuk diukur, dan terutama bila situs tersebut memiliki relief atau perbedaan ketinggian yang besar. Dengan menggunakan alat ini, keseluruhan kenampakan atau gejala akan dapat dipetakan dengan cepat dan efisien (Farrington 1997) Instrumen pertama lebih seperti alat survey theodolit benar adalah kemungkinan yang dibangun oleh Joshua Habermel (de: Erasmus Habermehl) di Jerman pada 1576, lengkap dengan kompas dan tripod. Awal altazimuth instrumen yang terdiri dari dasar lulus dengan penuh lingkaran di sayap vertikal dan sudut pengukuran perangkat yang paling sering setengah lingkaran. Alidade pada sebuah dasar yang digunakan untuk melihat obyek untuk pengukuran sudut horisontal, dan yang kedua alidade telah terpasang pada vertikal setengah lingkaran. Nanti satu instrumen telah alidade pada vertikal setengah lingkaran dan setengah lingkaran keseluruhan telah terpasang sehingga dapat digunakan untuk menunjukkan sudut horisontal secara langsung. Pada akhirnya, sederhana, buka-mata alidade diganti dengan pengamatan teleskop. Ini pertama kali dilakukan oleh Jonathan Sisson pada 1725. Alat survey theodolite yang menjadi modern, akurat dalam instrumen 1787 dengan diperkenalkannya Jesse Ramsden alat survey theodolite besar yang terkenal, yang dia buat menggunakan mesin pemisah sangat akurat dari desain sendiri. Di dalam pekerjaan – pekerjaan yang berhubungan dengan ukur tanah, theodolit sering digunakan dalam bentuk pengukuran polygon, pemetaan situasi, maupun pengamatan matahari.

Theodolit juga bisa berubah fungsinya menjadi seperti Pesawat Penyipat Datar bila sudut verticalnya dibuat 90º. Dengan adanya teropong pada theodolit, maka theodolit dapat dibidikkan kesegala arah. Di dalam pekerjaan bangunan gedung, theodolit sering digunakan untuk menentukan sudut siku-siku
pada perencanaan / pekerjaan pondasi, theodolit juga dapat digunakan untuk menguker ketinggian suatu bangunan bertingkat.


Gambar 1.  Theodolit Konvensional ( T0 )

Keterangan gambar theodolit 0 (T0)  :
1.      Plat dinding pelindung lingkaran vertikal di dalamnya
2.      Ring pengatur lensa tengah
3.      Pengatur fokus benang silang
4.      Alat baca lingkaran vertikal/horisontal
5.      Lensa obyektif
6.      Klem vertikal teropong
7.      Penggerak halus teropong
8.      Klem alhidade horisontal
9.      Penggerak halus horisontal
10.  Nivo kotak alhidade horisontal
11.  Plat dasar instrumen
12.  Nivo tabung alhidade horizontal


A.    Syarat-syarat theodolit

Syarat – syarat utama yang harus dipenuhi alat theodolite (pada galon air) sehingga siap dipergunakan untuk pengukuran yang benar adalah sbb :
                     1.         Sumbu kesatu benar – benar tegak / vertical.
                     2.         Sumbu kedua haarus benar – benar mendatar.
                     3.         Garis bidik harus tegak lurus sumbu kedua / mendatar.
                     4.         Tidak adanya salah indeks pada lingkaran kesatu.

B.     Tata Cara Pengukuran Detil Tachymetri Menggunakan

Theodolit Berkompas

Pengukuran detil cara tachymetri dimulai dengan penyiapan alat ukur (Theodolite) titik ikat dan penempatan rambu di titik bidik. Setelah alat siap untuk pengukuran, dimulai dengan perekaman data di tempat alat berdiri, pembidikan ke rambu ukur, pengamatan azimuth dan pencatatan data di rambu BT, BA, BB serta sudut miring m. Tempatkan alat ukur theodolite di atas titik kerangka dasar atau titik kerangka penolong dan atur sehingga alat siap untuk pengukuran, ukur dan catat tinggi alat di atas titik ini. Dirikan rambu di atas titik bidik dan tegakkan rambu dengan bantuan nivo kotak. Arahkan teropong ke rambu ukur sehingga bayangan tegak garis diafragma berimpit dengan garis tengah rambu. Kemudian kencangkan kunci gerakan mendatar teropong. Kendorkan kunci jarum magnet sehingga jarum bergerak bebas. Setelah jarum setimbang tidak bergerak, baca dan catat azimuth magnetis dari tempat alat ke titik bidik. Kencangkan kunci gerakan tegak teropong, kemudian baca bacaan benag tengah, atas dan bawah serta catat dalam buku ukur. Bila memungkinkan, atur bacaan benang tengah pada rambu di titik bidik setinggi alat, sehingga beda tinggi yang diperoleh sudah merupakan beda tinggi antara titik kerangka tempat berdiri alat dan titik detil yang dibidik.
Kesalahan pengukuran cara tachymetri dengan theodolite berkompas
Kesalahan alat, misalnya:
                     1.         Jarum kompas tidak benar-benar lurus.
                     2.         Jarum kompas tidak dapat bergerak bebas pada prosnya.
                     3.         Garis bidik tidak tegak lurus sumbu mendatar (salah kolimasi).
                     4.         Garis skala 0° – 180° atau 180° – 0° tidak sejajar garis bidik.
                     5.         Letak teropong eksentris.
                     6.         Poros penyangga magnet tidak sepusat dengan skala lingkaran mendatar.
Kesalahan pengukur, misalnya:
a. Pengaturan alat tidak sempurna ( temporary adjustment ).
b. Salah taksir dalam pemacaan
c. Salah catat, dll. nya.
Kesalahan akibat faktor alam, misalnya:
a. Deklinasi magnet.
b. atraksi lokal.


C.    Macam / Jenis Theodolit

Macam Theodolit berdasarkan konstruksinya, dikenal dua macam yaitu:
1. Theodolit Reiterasi ( Theodolit sumbu tunggal )
Dalam theodolit ini, lingkaran skala mendatar menjadi satu dengan kiap, sehingga bacaan skala mendatarnya tidak bisa di atur. Theodolit yang di maksud adalah theodolit type T0 (wild) dan type DKM-2A (Kem)
2. Theodolite Repitisi
Konsruksinya kebalikan dari theodolit reiterasi, yaitu bahwa lingkaran mendatarnya dapat diatur dan dapt mengelilingi sumbu tegak.

 Akibatnya dari konstuksi ini, maka bacaan lingkaran skala mendatar 0º, dapat ditentukan kearah bdikan / target myang dikehendaki. Theodolit yang termasuk ke dakm jenis ini adalah theodolit type TM 6 dan TL 60-DP (Sokkisha ), TL 6-DE (Topcon), Th-51 (Zeiss)

PERALATAN DAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM

Peralatan yang Digunakan   
       
             Dalam praktikum Ilmu Ukur Tanah ini peralatan yang digunakan antara lain, theodolit konvensional, waterpass, rambu, alat tulis, dan formulir.

Pemeriksaan Alat Ukur

            Sebelum dilaksanakannya praktikum,terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap alat. Hal ini dilakukan untuk menghindari akan digunakannya alat yang ternyata rusak dan akan mengakibatkan kesalahan akan data yang didapatkan.

Pengukuran Kerangka Dasar Horizontal

       1.    Menyiapkan peralatan yang digunakan, check seluruh peralatan.  Hal ini perlu karena siapa tahu ada salah satu alat yang rusak.
       2.    Mengambil statif dan tinggikan secukupnya.  Usahakan letaknya mendatar atau rata.
       3.    Pasang alat ukur Theodolite dan kecangkan, hal ini dilakukan agar titik as alat tepat berada diatas titik pada patok.
       4.    Stabilkan alat dengan cara meyetel Nivo.  Apabila tidak tepat berada diatas titik paku, geser alat sedikit kearah titik patok, alat kembali distabilkan karena akibat pergeseran ini akan terjadi perpindahan Nivo.
       5.    Arahkan teropong ke rambu ukur belakang.  Baca angka yang tertera di rambu ukur dengan menggunakan benang silang (ba,bb,bt).
                            Untuk mencari jarak (d) = (ba - bb) x 100
                            Untuk mencari benang tengah = (ba + bb) / 2
       6.    Baca sudutnya.  Catat pada buku ukur.
       7.    Kemudian alat diarahkan ke titik berikutnya (rambu muka).  Kemudian lakukan metode 5 dan 6 seperti diatas.
       8.    Untuk mencari besaran sudutnya dengan cara diselisihkan antara bacaan sudut kedua titik tersebut.
       9.    Begitu juga untuk titik detail yang lain.
       10.  Apabila pekerjaan di titik selesai, pindahkan alat ukur tersebut ke titik lainnya.  Lakukan pekerjan / metode diatas sampai titik terakhir

Pengukuran Situasi Detail dengan Metode Tachimetri

       1.    Theodolite dipasang pada Sta. A.  Kemudian dicatat tinggi alat diatas Station.
       2.    Teropong diatur sehingga terbaca sudut miringnya dan garis bidik jatuh pada titik C di rambu yang terletak di station B.  Catat bacaannya.
       3.    Kendurkan scrup pengunci lingkaran tegak dan bidik titik kedua D pada rambu.  Catat bacaan rambu dan sudut tegaknya.
       4.    Hitung perbedaan antara bacaan kedua titik pada rambu.  Harga ini dinamakan “selisih benang” dan biasa notasinya huruf S.



BAB III
PENUTP 

A.    Kesimpulan

Dari praktikum Ilmu Ukur Tanah yang telah dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan antara lain :
Ø  Pengukuran yang digunakan adalah pengukuran poligon tertutup, dimana titik awal dan titik akhirnya terletak pada titik yang sama.
Ø  Dari data praktikum poligon dapat diambil beberapa hal, yaitu : sudut, jarak dan azimut dai suatu daerah.
Ø  Dari azimut yang didapatkan dapat diketahui koordinat titik – titik poligon yang akan diplotkan ke kertas gambar.
Ø  Kesalahan perhitungan poligon dapat disebabkan oleh 3 faktor yaitu : faktor manusia, faktor alat dan faktor alam.

B.     Saran

Ø  Mengupayakan ketelitian dalam pembacaan alat, pengutaraan dan kalibrasi.
Ø  Mengusahakan pemilihan waktu pelaksanaan, keadaan cuaca yang cerah.
Ø  Pemilihan lokasi patok dengan tanah yang mendukung.



BAB IV
DAFTAR PUSTAKA


ü  Frick, heinz.  1979.  Ilmu Ukur Tanah.   Kanisius.  Jakarta.
ü  Sosrodarsono.  Suyono.  1983.  Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan. PT Pradnya Paramita.  Jakarta.
ü  Wongsotjitro, Soetomo.  1964.  Ilmu ukur tanah.  Kanisius.  Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar